Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
Vol 3, No 2 (2021): October 2021

Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah oleh Guru pada Masa Pembelajaran Daring

Lia Yuliana ((Scopus ID: 57214097721) Universitas Negeri Yogyakarta)
Syntia Indahsari Nurhasanah (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh guru pada masa pembelajaran daring. Penelitian dilakukan di perpustakaan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Berbah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri atas wawancara, observasi dan studi dokumen. Informan penelitian ini adalah guru mata pelajaran, pustakawan dan kepala perpustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek pemanfaatan sarana perpustakaan, guru menggunakan koleksi perpustakaan sebagai sumber informasi utama, pendukung dan rekreatif. Selain itu guru juga memanfaatkan bahan ajar lain dan alat peraga yang dimiliki perpustakaan untuk mendukung proses pembelajaran daring. Sedangkan layanan sirkulasi dan layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi layanan yang paling banyak dimanfaatkan oleh guru saat pembelajaran daring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The journal’s focus is on the studies of management and leadership in schools. The scope: • School planning. • Program and project management in school. • School resources management. It includes management of educational personnel, curriculum, student affairs, school finance, infrastructure ...