Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Vol 20, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia

PENGARUH STRES AKADEMIK, FASILITAS BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DARING MAHASISWA

Merina Ramadan Merina Ramadan (Universitas Negeri Yogyakarta)
Amanita Novi Yushita (Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Stres Akademik terhadap Motivasi Belajar Daring, (2) Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar Daring, (3) Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Daring Mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif asosiatif hubungan kausal. Responden penelitian ini berjumlah 141 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2018, 2019 dan 2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online dan kemudian dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Stres Akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Daring. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung t tabel (10,095 1,977) dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. (2) Fasilitas Belajar tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Daring. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung t tabel (1,898 1,977) dengan signifikansi 0,600 lebih besar dari 0,05. (3) Lingkungan Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Daring. Hal ini dilihat dari nilai t hitung t tabel (2,127 1,977) dengan signifikansi 0,028 lebih kecil dari 0,05. Kata kunci: motivasi belajar daring, stres akademik, fasilitas dan lingkungan belajar.

Copyrights © 2022