Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 10, No 1 (2022): Jurrnal Surya Bahtera

NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM TANAH SURGA KATANYA SUTRADARA HERWIN NOVIANTO DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DI KELAS XI SMA

Maulana Ardiansyah Putra (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Umi Faizah (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Nurul Setyorini (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) unsur intrinsik film; (2) aspek kebahasaan film; (3) nilai-nilai pendidikan karakter film; (4) relevansi pembelajaran film Tanah Surga Katanya sutradara Herwin Novianto dengan keterampilan berbicara di kelas XI SMA. Sumber data penelitian ini adalah film Tanah Surga Katanya sutradara Herwin Novianto. Dalam pengumpulan data digunakan teknik pustaka dan teknik catat. Penyajian data hasil analisis penelitian ini adalah teknik informal. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam film ini meliputi: (a) tema: sikap nasionalisme untuk tetap mencintai tanah air dan melindungi harkat martabat bangsa; (b) tokoh utama: Kakek Hasyim (penyayang, tegas, tidak pamrih, bersedih hati, berjiwa nasionalis) Salman (jujur, kerja keras, mandiri, tanggung jawab) dan tokoh tambahan: Dokter Anwar, Ibu Guru Astuti, Pak Gani, Lized, Pejabat, Pedagang Dayak; (c) alur: maju; (d) latar tempat: Perbatasan Negara, Hutan Kalimantan, Sungai Kalimantan dan Pasar Serawak; latar waktu: pagi, siang, sore, malam dan tahun; latar sosial: pejuang, dokter, guru, kepala dusun, pedagang dan pejabat; (e) sudut pandang: orang pertama serba tahu; (f) amanat: sikap nasionalisme untuk tetap mencintai tanah air dan melindungi harkat dan martabat bangsa; (2) aspek kebahasaan meliputi: majas, ungkapan dan peribahasa; (3) nilai-nilai pendidikan karakter film ini meliputi: religius, jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, peduli sosial, rasa ingin tahu, cinta tanah air, komunikatif / bersahabat dan bertanggung jawab; (4) relevansi pembelajaran dengan keterampilan berbicara disesuaikan kurikulum 2013 dengan kompetensi dasar 3.19 menganalisis isi dan kebahasaan drama/film yang dibaca atau ditonton. Hasil penelitian tersebut dapat digunakan untuk bahan pembelajaran berbicara kelas XI SMA.Kata kunci: nilai pendidikan karakter, film, relevansi pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bahtera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bahtera merupakan jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. Jurnal ini sebagai media publikasi karya tulis ilmiah yang dihimpun oleh Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Purworejo ...