Majalah Ilmiah Peternakan
Vol 25 No 1 (2022): Vol 25, No 1 (2022)

ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BABI BALI DI KECAMATAN NUSA PENIDA

SAFITRI M. I. (Fakultas Peternakan Universitas Udayana)
PUTRI B. R. T. (Fakultas Peternakan Universitas Udayana)
I W. SUKANATA (Fakultas Peternakan Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran babi bali di Kecamatan Nusa Penida, peran dan fungsi lembaga pemasaran, besarnya marjin pemasaran serta efisiensinya secara ekonomis. Lokasi penelitian di- tentukan secara purposive sampling yakni di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, analisis saluran pemasaran, analisis marjin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Kecamatan Nusa Penida terdapat 4 pola saluran pemasaran babi bali dengan 2 lembaga pemasaran yang teridentifikasi antara lain pedagang besar Nusa penida dan pedagang besar dari luar Nusa Penida. Dari hasil analisis dapat dinyatakan bahwa margin pemasaran tertinggi adalah pada saluran pemasaran III yaitu sebesar 55,6% dan terendah pada saluran pemasaran II sebesar 28,6%, tingkat farmer share tertinggi adalah 100 % yaitu saluran pemasaran I, yang terendah adalah pada saluran pemasaran III yaitu sebesar 44,44%, dan efisiensi pemasaran babi bali di Kecamatan Nusa Penida adalah efisien.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mip

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

Majalah Ilmiah Peternakan (MIP) diterbitkan oleh Fakultas Peternakan Universitas Udayana. MIP terbit secara berkala, tiga kali dalam setahun, pada bulan Februari, Juni dan Oktober. MIP merangkum berbagai manuskrip di bidang peternakan seperti nutrisi, produksi, reproduksi, pasca panen (pengolahan ...