Jurnal Jurusan Ilmu Keolahragaan
Vol. 10 No. 1 (2022): April

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Budaya Hidup Sehat

I Kadek Pegi Kristiawan (Jurusan Pendidikan Olahraga, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Gusti Lanang Agung Parwata (Jurusan Pendidikan Olahraga, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Komang Sukarata Adnyana (Jurusan Pendidikan Olahraga, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2022

Abstract

Siswa belum mampu mencapai hasil belajar yang optimal dalam pembelajaran penjaskes. Hal ini disebabkan karena kurangnya menggunakan media secara maksimal, dan peserta didik kurang di berikan kesempatan untuk menemukan jawaban dari permasalahan yang di berikan guru saat pembelajaran PJOK. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar budaya hidup sehat. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized posttest only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA, yaitu terdiri dari 206 orang peserta didik dan dibagi menjadi 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling berdasarkan kelas. teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% dengan bantuan SPSS 26.0 for Windows. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan hasil belajar budaya hidup sehat pada peserta didik kelas XI MIPA. Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar budaya hidup sehat pada peserta didik.

Copyrights © 2022