Jurnal Psikologi
Vol 15, No 1 (2022)

CYBERBULLYING DAN KONSEP DIRI PADA KORBAN REMAJA PENGGUNA JEJARING SOSIAL USIA 14-19 TAHUN DI INDONESIA

Kusumadya Rizka Paramita (Universitas Islam Indonesia)
Mira Aliza Rachmawati (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2022

Abstract

Remaja seharusnya memiliki konsep diri yang positif karena merupakan tugas penting perkembangan yang harus dimilikinya. Namun, pada realitanya remaja saat ini termasuk ke dalam pengguna aktif jejaring sosial yang rentan untuk menerima perilaku cyberbullying dari relasinya, sehingga hal ini juga dikhawatirkan dapat mempengaruhi konsep dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan cyberbullying pada platform jejaring sosial dan konsep diri pada korban cyberbullying remaja usia 14-19 tahun. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah adanya hubungan yang negatif antara cyberbullying dan konsep diri pada korban remaja usia 14-19 tahun. Responden penelitian ini adalah remaja dengan usia 14-19 tahun yang bertempat tinggal di Pulau Jawa dan sekitarnya, terdiri dari 432 responden yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok korban cyberbullying dan bukan korban cyberbullying. Hasil analisis menunjukkan koefisien korelasi sebesar r = -0,135 dan nilai p = 0,047. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara cyberbullying pada platfom jejaring sosial dan konsep diri korban cyberbullying remaja usia 14-19 tahun, yaitu semakin tinggi tingkat cyberbullying maka semakin rendah tingkat konsep diri dan sebaliknya, rendahnya tingkat cyberbullying, diikuti dengan tingginya tingkat konsep diri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

psiko

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Psikologi (JPUG) accepts manuscripts based on empirical research, both quantitative and qualitative. Priority is given to quantitative research of the multivariate type. Meanwhile, the Jurnal Psikologi also accepts meta-analysis or systematic review manuscripts that have advantages in terms ...