Niagawan
Vol 11, No 2 (2022): NIAGAWAN VOL 11 NO 2 JULI 2022

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ONLINE PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN

Sixson Roberto Simangunsong (Universitas Negeri Medan)
Sabda Dian Nurani Siahaan (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2022

Abstract

Masa pandemic covid19 menjadi tantangan bagi dunia pendidikan dalam merancang system pembelajaran baru seperti sekolah dalam jaringan melalui jaringan dan aplikasi conference seperti zoom, google meet, dan lain lain. Perlunya pengujian efektifitas suatu model dan media daring saat ini menjadi salah satu tujuan peneliti dalam melihat progres dan keefektifan pembelajaran secara daring. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan meneliti ada tidaknya efektifitas dari model pembelajaran Problem Based Learning yang dilakukan secara daring terhadap kelas A dan B Jurusan Pendidikan Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan pada matakuliah kewirausahaan. Hasil perhitungan uji N-Gain score tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen dan kontrol dengan model pembelajaran  pembelajaran  Problem Based Learning adalah sama sama bernilai cukup efektif dengan nilai N-Gain kelas eksperimen bernilai 61.5 % dalam kategori cukup efektif dengan nilai N-Gain score minimum 0,00% dan maksimum 90,9% sementara untuk nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas control adalah sebesar 66.5% dalam kategori cukup efektif dengan nilai N-Gain Minimum 33.3% dan Maximum 92.3% Dari nilai nilai N-Gain Score diatas disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki nilai efektifitas yang sama sma cuku efektif, melalui perlakuan pembelajaran via google meet secara daring dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning cukup efektif dilakukan secara daring melalui media google meet dan berpengaruh baik terhadap kedua kelas, Model pembelajaran yang efektif  digunakan dalam pembelajaran daring adalah Model Problem Based Learning yang dapat memicu kreatifitas dalam berpikir kritis pembelajaran secara daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

niagawan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Niagawan merupakan metadata OJS. Jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bisnis Fakulltas Ekonomi Universitas Negeri Medan (UNIMED) sebagai media Program Studi Pendidikan bisnis memuat karya tulis ilmiah hasil penelitian atau tinjauan kepustakaan dalam bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis, ...