Masa pandemic covid19 menjadi tantangan bagi dunia pendidikan dalam merancang system pembelajaran baru seperti sekolah dalam jaringan melalui jaringan dan aplikasi conference seperti zoom, google meet, dan lain lain. Perlunya pengujian efektifitas suatu model dan media daring saat ini menjadi salah satu tujuan peneliti dalam melihat progres dan keefektifan pembelajaran secara daring. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan meneliti ada tidaknya efektifitas dari model pembelajaran Problem Based Learning yang dilakukan secara daring terhadap kelas A dan B Jurusan Pendidikan Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan pada matakuliah kewirausahaan. Hasil perhitungan uji N-Gain score tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen dan kontrol dengan model pembelajaran pembelajaran Problem Based Learning adalah sama sama bernilai cukup efektif dengan nilai N-Gain kelas eksperimen bernilai 61.5 % dalam kategori cukup efektif dengan nilai N-Gain score minimum 0,00% dan maksimum 90,9% sementara untuk nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas control adalah sebesar 66.5% dalam kategori cukup efektif dengan nilai N-Gain Minimum 33.3% dan Maximum 92.3% Dari nilai nilai N-Gain Score diatas disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki nilai efektifitas yang sama sma cuku efektif, melalui perlakuan pembelajaran via google meet secara daring dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning cukup efektif dilakukan secara daring melalui media google meet dan berpengaruh baik terhadap kedua kelas, Model pembelajaran yang efektif digunakan dalam pembelajaran daring adalah Model Problem Based Learning yang dapat memicu kreatifitas dalam berpikir kritis pembelajaran secara daring.
Copyrights © 2022