SAINSMAT
Vol 10, No 2 (2021): September

Validitas Dan Praktikalitas Buku Penuntun Praktikum Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP At-Thayyibah Semurup

M Eval Setiawan (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)
Emayulia Sastria (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)
Dea Ratno Monica (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)
Januharmen Januharmen (Unknown)
Wilda Purnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2021

Abstract

Pengembangan buku penuntun praktikum IPA berbasis inquiri dapat digunakan untuk acuan pelaksanaan praktikum IPA di SMP At-Thayyibah Semurup.  Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan hasil validitas dan praktikalitas buku penuntun praktikum pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP At-Thayyibah Semurup. Produk yang dikembangkan di nilai oleh validator ahli media dan validator ahli materi serta dilakukan uji kepraktisan pada siswa yang berjumlah 28 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan skala likert. Produk yang dihasilkan yaitu buku penuntun praktikum materi sistem pernapasan pada manusia. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh skor sebesar 3,73 atau 93,25% dengan kategori sangat valid dan validasi ahli media diperoleh skor sebesar 3,15 atau 78,75% dengan kategori valid. Sedangkan respon pengguna siswa terhadap pengembangan buku penuntun praktikum memperoleh skor 3,4 atau sebesar 85% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, media yang telah dinyatakan valid dan praktis melalui sebuah uji, maka dapat digunakan dengan baik sebagai penuntun praktikum

Copyrights © 2021