Interaksi Online
Vol 10, No 3: Juli 2022

PEMAKNAAN KONSUMSI KOPI DI KEDAI KOPI INDEPENDEN BAGI KONSUMEN ANAK MUDA

Amaria Niken Ranindyasa (Prodi S1 Ilmu Komunikasi)
Hedi Pudjo Santosa (Prodi S1 Ilmu Komunikasi)
Nurist Surayya Ulfa (Prodi S1 Ilmu Komunikasi)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2022

Abstract

Beberapa tahun terakhir, kedai kopi atau coffee shop di Indonesia makin menjamur dengan mengalami pertumbuhan jumlah kedai kopi yang mencapai kurang lebih 3.000 gerai dalam tiga tahun, yaitu antara tahun 2016 sampai 2019. Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemaknaan konsumen dalam mengkonsumsi kopi di kedai kopi independen. Adapun pendekatan teoritis yang digunakan yaitu Teori Masyarakat Konsumsi oleh Jean Baudrillard dan Experiential Aspects of Consumption oleh Holbrook dan Hirschman. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kedai kopi independen yang berbeda-beda memberikan pengalaman konsumsi yang berbeda dan menumbuhkan ketertarikan untuk mengeksplorasi berbagai konsep kedai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

interaksi-online

Publisher

Subject

Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Interaksi Online adalah jurnal yang memuat karya ilmiah mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP Undip. Interaksi Online menerima artikel-artikel yang berfokus pada topik yang ada dalam ranah kajian Ilmu Komunikasi dan Ilmu ...