Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 1, No 2 (2014): September

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN IPS DENGAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KEMANDIRIAN DAN KEPEDULIAN SISWA

Rosardi, Raras Gistha (Unknown)
Zuchdi, Darmiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan yang siginifikan pada hasil belajar kognitif, kemandirian dan kepedulian antara siswa yang mengikuti pembelajaran IPS dengan strategi Pemecahan Masalah dan strategi pembelajaran Konvensional dan menguji keefektifan strategi Pemecahan Masalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif, kemandirian dan kepedulian siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMP Muhammadiyah 2 Depok, Sleman DIY. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistikĀ  Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) pada Ī± = 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Strategi pembelajaran Pemecahan Masalah dan strategi pembelajaran Konvensional menunjukkan perbedaan hasil belajar kognitif, kemandirian dan kepedulian secara bersama-sama. 2) Strategi pembelajaran Pemecahan Masalah dan strategi pembelajaran Konvensional menunjukkan perbedaan terhadap hasil belajar kognitif. 3) Strategi pembelajaran Pemecahan Masalah dan strategi pembelajaran Konvensional menunjukkan perbedaan terhadap nilai kemandirian. 4) Strategi pembelajaran Pemecahan Masalah dan strategi pembelajaran Konvensional menunjukkan perbedaan terhadap nilai kepedulian.Kata Kunci : strategi pembelajaran Pemecahan Masalah, hasil belajar koginitif, kemandirian, kepedulian.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

hsjpi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS publishes and disseminates research result and analysis on integrated social sciences, history, economics, sociology, geography, and other relevant social sciences. The journal is expected to be beneficial to the development of social sciences comprehensively ...