Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan
Vol 4, No 1 (2022): Mei

Strategi koping pada mahasiswa pendidikan dokter selama perkuliahan daring

Sarah Aisyah Ahmad (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
M. Arief (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Guinea Utami (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Laura Agitya Almira (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Nadiya Shalina (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh)
Dahlia Dahlia (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 mendorong pemerintah menginstruksikan agar pembelajaran dapat dilakukan dalam jaringan (daring). Berikutnya sejumlah hambatan yang dihadapi mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring tersebut mengakibatkan munculnya gangguan stres. Dengan demikian dibutuhkan suatu strategi coping untuk mengatasi gangguan stres tersebut. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk strategi coping yang dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Dokter di Universitas Syiah Kuala saat pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Partisipan pada penelitian ini adalah 75 mahasiswa Pendidikan Dokter di Universitas Syiah Kuala. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Brief COPE. Data pada penelitian ini diolah menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 93% partisipan cenderung menggunakan problem-focused coping dan sebesar 7% cenderung menggunakan emotional-focused coping. Selain itu, secara keseluruhan data menunjukkan bahwa 70 partisipan (93,3%) berada pada kategori koping stres sedang, 5 partisipan (6,7%) pada kategori koping stres tinggi, dan tidak ada partisipan yang memiliki koping stres pada kategori rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Psikologi

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan oleh program Pascasarjana Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, memuat artikel hasil penelitian empiris yang terkait dengan bidang ilmu Psikologi, diantaranya bidang Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi ...