JURNAL ILMIAH MANAJEMEN BISNIS DAN TERAPAN
Vol 19, No 1 (2022)

Cause-Related Marketing dan Pentingnya Konsep Keserasian dalam Penerapannya

Hera Febria Mavilinda (Universitas Sriwijaya)
Eko Mohammad Fitrianto (Universitas Sriwijaya)
Dessy Yunita (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2022

Abstract

Tujuan – Makalah konseptual ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang cause-related marketing (CM) dan isu besar terkait konsep fit (keserasian) pada penerapannya. Metode yang digunakan adalah tinjauan kritis dari beberapa artikel yang menaruh perhatian pada isu keserasian tersebut. Dua isu besar dalam keserasian adalah tingkat keserasian (rendah dan tinggi), dan keserasian dalam hal apaDesain/Metodologi/Pendekatan – Metode yang digunakan pada makalah ini adalah studi literatur kualitatif yang menelusuri berbagai informasi terkait cause-related marketingManfaat – Keterbatasan dari makalah ini yaitu fokus membahas aspek keserasian dari dua isu besar tersebut, beberapa fenomena lain tentang CM masih belum banyak dibahas, seperti isu tentang pengukuran CM, opsi donasi, maupun cara konsumen memproses kampanye CM.Keterbatasan penelitian – Pembahasan dari makalah ini memberikan acuan untuk melaksanakan pengembangan pada topik keserasian atau “fit”. Namun keterbatasan pada fenomena yang terjadi pada CM merupakan pintu masuk bagi agenda kedepan. Perumusan dimensi dan pengukuran seberapa serasi masih memiliki tempat untuk dikembangkan.Originality/value – Originalitas dari makalah ini terkait dengan membahas keserasian dari dua isu besar yaitu tingkat keserasian (tinggi dan rendah) dan keserasian dalam dalam hal apa, yang kemudian dikaitkan dengan sebab sosial yang dituju.Keywords: Cause-Related Marketing, konsep Fit, corporate social responsibility, corporate philanthropy, cause-fit

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jembatan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan (Jembatan) adalah jurnal yang dipublikasi secara berkala oleh Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Sriwijaya. Jurnal ini memuat 3 (tiga) kajian khusus bidang manajemen yaitu manajemen keuangan, manajemen pemasaran dan manajemen sumber daya ...