Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 3 (2022)

PROSES PEMANFAATAN TABLET ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Nur Febyanti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)
Trian Pamungkan Alamsyah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)
M. Taufik (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses belajar mengajar yang memanfaatkan tablet android sebagai media pembelajaran dan mendeskripsikan dampak dari proses pemanfaatan tablet android sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada pembelajaran online ini tablet android berperan sebagai media pembelajaran. Proses pembelajaran dimulai dengan melakukan sapaan, absensi, materi, tugas dan penutup. Umumnya runtutan pelaksanaan pembelajaran sama seperti biasanya, namun dilakukan secara online dengan media tablet android ini dan aplikasi penunjang lain di dalamnya seperti whatsapp dan youtube. Penyampaian materi dilakukan dengan bervariasi seperti melalui video pembelajaran, pesan suara dan pesan teks. Memanfaatkan tablet android dalam proses pelaksanaan pembelajaran ini berdampak pada peningkatakan keterampilan siswa dalam memanfaatkan tablet android untuk belajar. Walaupun belum dapat meningkatkan motivasi siswa selama belajar di rumah. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...