Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 3 (2022)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FEATURE VIDEO BERBASIS ADOBE PREMIERE PRO PADA TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN 4 KELAS V SEKOLAH DASAR

Liana Parhana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ana Nurhasanah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)
Ratna Sari Dewi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap media pembelajaran feature video berbasis Adobe Premiere Pro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (anlysis, design, development, implementation, and evaluation). Sampel penelitian adalah siswa kelas V C yang dipilih dengan  teknik Sampling Purposive. Metode pengumpulan data berupa koesioner, observasi, dan dokumentasi. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis feature vidio berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba kepada siswa melaui angket. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan berdasarkan uji yang dilakukan oleh ahli materi sebesar 91,4% dengan 14 butir aspek penilaian, ahli media sebeser 95,7% dengan 14 butir aspek penilaian, ahli bahasa sebesar 93,3% dengan 9 butir aspek penilaian, serta respon siswa untuk pertanyaan ke-1 sebesar 82,35%, pertanyaan ke-2 sebesar 85,29%, pertanyaan ke-3 sebesar 100%, pertanyaan ke-4 sebesar 91,18%, pertanyaan ke-5 sebesar 82,35%, dan pertanyaan ke-6 sebesar 100%. Berdasarkan penilaian uji ahli dan uji coba tersebut maka pengembangan media pembelajaran feature video berbasis adobe premiere pro pada tema organ gerak hewan dan manusia kelas V di SD Negeri Sanding 2 sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...