Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 3 (2022)

PENDEKATAN STEAM BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI BANGUN DATAR SISI BANYAK

Bektiningsih Bektiningsih (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia)
Yulia Maftuhah H (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia)
Arum Susilowati (Unknown)
Sumini Sumini (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia)
Anatri Desstya (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran materi bangun datar sisi banyak dengan pendekatan STEAM berbasis video pembelajaran. Penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang mendeskripsikan secara logis dan sistematis tentang perencanaan pembelajaran bangun datar sisi banyak dengan video pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah guru kelas VI dan kepala sekolah di Sekolah Dasar. Data yang dikumpulkan berupa narasi deskriptif tentang perencanaan pembelajaran materi bangun datar sisi banyak dan dokumen perencanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan tahapan reduksi data, tampilan data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Triangulasi sumber dilakukan dengan mengecek hasil wawancara guru dan kepala sekolah perencanaan pembelajaran. Triangulasi metode dilakukan dengan membandingkan hasil wawancara dengan hasil pengamatan dokumen. Dokumen pada perencanaan pembelajaran yang diteliti adalah lesson plan atau RPP, bahan ajar, LKPD, media pembelajaran, dan penilaian.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran STEAM yang dilakukan oleh guru kelas VI sekolah dasar telah memenuhi unsur science, technologi, engineering, dan math, namun unsur art belum terpenuhi.   

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...