Quagga
Vol 14, No 2 (2022): QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Pengaruh Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan

Simon Petrus Peka Rihi (Universitas Kristen Wira Wacana Sumba)
Vidriana Oktoviana Bano (Universitas Kristen Wira Wacana Sumba)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan laboratorium virtual melalui aplikasi Olabs terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada materi sistem pencernaan makanan di SMA Negeri 2 Waingapu. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen sedangkan desain penelitiannya menggunakan Noneequvalent Control Group Design. Pada penelitian ini sampel diambil sebanyak 70 peserta didik dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok keas kontrol dan kelompok kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan wawancara, angket respon peserta didik, dan soal tes berupa soal pilihan ganda. Data nilai tes yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh data nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 81,86 dan kelas kontrol adalah 63,51. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t dengan α = 0,05 diperoleh nilai probabilitas 0,000 sehingga dapat diambil kesimpulan adalah Ho ditolak atau terdapat pengaruh  penggunaan laboratorium virtual melalui aplikasi Olabs terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada materi sistem pencernaan makanan di SMA Negeri 2 Waingapu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

The Quagga Journal (p-ISSN 1907-3089; e-ISSN 2615-5869) is a journal managed by the Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education Universitas Kuningan (FKIP UNIKU). This journal is issued twice a year (January and July) publishing articles from analytical studies ...