AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 11, No 2 (2022)

PENGEMBANGAN INSTRUMEN ANGKET PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING

Hesty Marwani Siregar (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Perubahan paradigma pembelajaran tatap muka ke daring akibat pandemi Covid-19, memunculkan berbagai pandangan mahasiswa terkait pelaksanaan pembelajaran daring. Berbagai penelitian sudah membahas persepsi tersebut, tetapi masih sedikit yang membahas instrumen pengukurnya. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrusmen angket untuk mengukur persepsi mahasiswa pendidikan matematika terhadappembelajaran daring yang valid juga reliabel. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan ADDIE. Subjek dari penelitian ini yaitu dua validator yang merupakan dosen ahli dan 59 mahasiswa pendidikan matematika Universitas Riau sebagai responden. Penelitian ini memperoleh data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik analisismenggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Nilai validitas dan reliabilitas angket berturut-turut sebesar 0,495 dan 0,85 yang berarti kriteria valid juga reliabel terpenuhi. Angket yang dihasilkan memuat 21 butir pernyataan yang mewakili 12 indikator,  yaitu masing-masing 1 butir pernyataan untuk indikator menumbuhkan sikap aktif dalam proses pembelajaran, menumbuhkan motivasi dalam proses pembelajaran, dan menumbuhkan sikap belajar mandiri; masing-masing 2 butir pernyataan untuk indikator meningkatkan pemahaman, penyajian materi kuliah yang diharapkan, pengelolaan kelas yang diharapkan, penilaian yang diharapkan, akses yang diharapkan, penyajian materi kuliah yang terjadi, pengelolaan kelas yang terjadi, penilaian yang terjadi, dan akses yang terjadi. The change in the paradigm from face-to-face learning to online due to the Covid-19 pandemic has raised various student views regarding implementing online learning. Various studies have discussed this perception, but few discuss the measuring instrument. So, this research aims to produce a questionnaire instrument to measure the perceptions of mathematics education students towards valid and reliable online learning. This research is ADDIE development research. The subjects of this study were two expert lecturers as validators and 59 students of Mathematics Education at the Universitas Riau as respondents. This study obtained qualitative and quantitative data using analytical techniques using qualitative and quantitative descriptive. The validity and reliability values of the questionnaire are 0.495 and 0.85, respectively, which means that the valid criteria are also reliably met. The resulting questionnaire contains 21 statements representing 12 indicators, namely 1 statement each for indicators of growing an active attitude in the learning process, growing motivation in the learning process, and fostering an independent learning attitude; 2 statements each for indicators of improving understanding, presentation of expected lecture materials, expected class management, expected assessment, expected access, presentation of lecture material that occurs, classroom management that occurs, assessment that occurs, and access that occurs.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...