AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 11, No 2 (2022)

ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KALKULUS PADA MATERI TURUNAN BERDASARKAN NEWMANN`S ERROR ANALYSIS

Nurul Afifah Rusyda (Universitas Negeri Padang)
Ronal Rifandi (Jurusan Matematika, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia)
Edwin Musdi (Jurusan Matematika, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia)
Rusdinal Rusdinal (Jurusan Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

AbstrakMenyelesaikan masalah matematika pada topik turunan, masih dianggap sebagai soal yang sulit bagi mahasiswa karena berkaitan dengan banyak konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah turunan pada matakuliah Kalkulus. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dan sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah 70 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kalkulus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Tes disusun berdasarkan indikator pemecahan masalah matematis. Wawancara dilakukan untuk mendukung data lembar jawaban. Analisis lembar jawaban siswa berdasarkan Newmann`s Error Analysis (NEA). Hasilnya, kesalahan berdasarkan kategori NEA yang paling banyak dilakukan oleh siswa adalah Encoding, Process Skill, dan Transformation. Dengan demikian, dosen harus meminimalisir kesalahan dengan menerapkan soal non-rutin dan HOTS.Abstract.Solving mathematical problems in derivative topics, are still considered as a difficult matter for the students, because it’s related to many mathematical concepts. The purpose of this research is to analyze students’ error in solving derivative’s problem in Calculus. This research was conducted by using quantitative approach with descriptive method. Population and sample in this research were 70 students that took Calculus Course. The data was collected by using test and interview. The test was arrange based on mathematical problem solving indicators. The interview is conducted to support the answer sheet’s data. The analysis of students answer sheets are based on Newmann`s Error Analysis (NEA). The result is that the errors based on the NEA category which are mostly made by students are Encoding, Process Skill, dan Transformation. So that, lecturers should minimize the error by giving the non-routine and HOTS problems.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...