Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri
Vol 8, No 2 (2020): PROFISIENSI DESEMBER 2020

KUALITAS PELAYANAN BAGI WISATAWAN DIFABEL DI DAERAH WISATA BAHARI MENGGUNKAN SERVQUAL METHOD

Agung K Henaulu (Universitas Darussalam Ambon)
Sony Ardian (Universitas Darussalam Ambon)
Achmad Jais Ely (Politeknik Kelautan dan Perikanan Maluku)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas pelayanan kepada wisatawan difabel pada daerah wisata bahari desa Suli, Pantai Natsepa (Natsepa Beach), yang kemudian bisa dijadikan langkah perbaikan dan peningkatan kuaitas pelayanan kepada wisatawan difabel. Berwisata telah menjadi bagian terpenting tak terkecuali bagi wisatawan difabel, karena jika ditelusuri banyak fasilitas wisata yang disediakan lebih tertuju pada wisatawan normal, sehingga terkadang layanan kepada wisatawan difable terabaikan. Pada penelitian ini responden yang dituju adalah wisatawan usia lanju. Penelitian ini menggunakan SERVQUAL Method yang dianalsis menggunakan pendekatan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai service quality hanya pada dimensi keahandalan (reliability) dengan rata-rata nilai gap adalah 0,002 sehingga dapat diketahu kualitas pelayanan (Q) 1 juga hanya pada dimensi keahandalan (reliability)  dengan nilai Q = 1,001.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalprofisiensi

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

PROFISIENSI : Jurnal Program Studi Teknik Industri adalah jurnal publikasi ilmiah di bidang teknik industri, baik itu penelitian maupun kajian ilmiah. Naskah yang diterima merupakan naskah dari hasil penelitian ataupun hasil pemikiran yang berhubungan dengan teknik industri yang belum di ...