Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri
Vol 7, No 2 (2019): PROFISIENSI DESEMBER 2019

PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN FASILITAS RUMAH KOS-KOSAN DI PERUMAHAN X KOTA BATAM DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVIQUAL)

Edi Sumarya (Universitas Riau Kepulauan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Kota Batam merupakan sebuah kota industri yang berada di Propinsi Kepulauan Riau. Hal ini menjadi factor banyaknya pendatang mencari pekerjaan di kota Batam. Oleh karena itu, mereka membutuhkan rumah Kos/tempat tinggal selama mereka menjadi karyawan perusahaan dan belum mampu untuk membeli rumah tinggal. Kualitas layana fasilitas yang baik akan membuat rumah kos-kosan menjadi kompetitif dan akan menjadi pilihan konsumen ketika mencari tempat untuk tempat tinggal nya, Rumah Kos-kosan yang menjadi objek penelitian ini adalah rumah kos-kosasn di perumahan X kota Batam. Dari hasil survey awal yang dilakukan, kekurangan dari segi kualitas dan kuantitas pelayanan fasilitas yang disediakan berdampak pada penurunan pendapatan yang diperoleh pemilik hingga 20% pada bulan Mei, juni dan Juli 2020. Dalam penelitian ini kualitas pelayanan fasilitas penghuni yang menjadi pokok permasalahan. Dimensi kualitas yang dibahas dalam metode service quality, dimensi: Tangible, Relialibility, Responsiveness, Assurance dan empathy. Tahapan awal yang dilakukan dalam penelitian ini melakukan survey kemudian melakukan analisa kekurangan yang terdapat pada kos-kosan dari hasil survey. Peneliti menyebarkan kuisioner kepada konsumen penghuni kos kosan, sehingga masalah kualitas layanan dapat diketahui. Dimensi tangible merupakan dimensi yang memiliki nilai kualitas terkecil, dan nilai terbesar terdapat pada dimensi jaminan (assurance) yang diperoleh dari hasil penelitian setiap dimensi pada service quality.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnalprofisiensi

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

PROFISIENSI : Jurnal Program Studi Teknik Industri adalah jurnal publikasi ilmiah di bidang teknik industri, baik itu penelitian maupun kajian ilmiah. Naskah yang diterima merupakan naskah dari hasil penelitian ataupun hasil pemikiran yang berhubungan dengan teknik industri yang belum di ...