Alhiwar: Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah
Vol 1, No 1 (2013): Januari-Juni

Strategi Komunikasi Para Guru Dalam Penyampaian Pesan-Pesan Keagamaan Kepada Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Kelua

Sahib Hartoni (Unknown)
Armiah Armiah (Unknown)
Raden Yani Gusriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi para guru dalam penyampaian pesan-pesan keagamaan kepada siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kelua, faktor pendukung dan penghambatnya serta upaya-upaya yang dilakukan oleh para guru MAN Kelua.Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah serta seluruh staf dewan guru yang berjumlah 40 orang. Adapun objek penelitian ini adalah strategi komunikasi para guru dalam penyampaian pesan-pesan keagamaan kepada siswa, faktor pendukung dan penghambat, serta upaya-upaya yang dilakukan oleh para guru MAN Kelua.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fiedl research), sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumenter, sedangkan teknik pengolahan data menggunakan metode kualitatif kemudian diberikan kesimpulan dengan metode induktif.Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa strategi komunikasi para guru dalam penyampaian pesan-pesan keagamaan kepada siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kelua adalah dengan pendekatan nasehat dan suri tauladan. Strategi lain adalah dengan pembinaan dan praktek langsung serta melalui penugasan-penugasan sekolah. Pesan keagamaan yang disampaikan kepada siswa terdiri dari aspek keimanan, ibadah dan akhlak.Faktor pendukung para guru dalam penyampain pesan-pesan keagamaan adalah kebijakan kewajiban membaca Alquran setiap pagi, sholat zuhur berjamaah dan lingkungan sekolah yang islami. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kemampuan guru dalam bercerita, pemahaman siswa yang beragam, kurang memperhatikan saat diberikan pelajaran serta latar belakang keluarga yang berbeda.Usaha yang dilakukan para guru dalam menunjang strateginya adalah selalu memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk sharing dan bertanya terhadap permasalahan yang dihadapi dan belum dipahami, menegur langsung siswa yang melanggar peraturan dan memberikan sanksi sesuai kesalahannya, selalu belajar dan memperluas wawasan keilmuan dan selalu mendukung kebijakan sekolah mewujudkan lingkungan islami.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

alhiwar

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Alhiwar is kedakwahan science and engineering study Journal, which is published twice a year every July and December, referring to the critical analysis study, commercial articles Research in kedakwahan science and engineering. This journal was first published in the year 2013 until now. All ...