JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
Vol 1, No 1 (2014): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TUNJANGAN PROFESI GURU DI SMA NEGERI 1 PALU

Idris Ade (Universitas Tadulako)
Idrus Idrus (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2015

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui:  (1) Bagaimana implementasi kebijakan pemberian tunjangan profesi guru di SMA Negeri 1 Palu? dan (2) Faktor-faktor apakah yang menghambat implementasi kebijakan tunjangan profesi guru.? Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Menganalisis implementasi kebijakan pemberian tunjangan profesi guru di SMA Negeri 1 Palu dan (2) Menganalisis faktor penghambat Implementasi kebijakan tunjangan profesi guru SMA Negeri 1 Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menyimpulkan (1) Secara keseluruhan implementasi kebijakan tunjangan profesi guru di SMAN 1 berjalan baik sesuai model Edward III yakni komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Akan tetapi, ada satu indikator pada pada variabel sumber daya yakni staf pengelola belum mampu menjabarkan petunjuk kepala sekolah terkait pengelolaan administrasi kebijakan tunjangan profesi guru dan satu indikator terkait struktur birokrasi yakni kecepatan dan ketepatan pengiriman berkas masih perlu ditingkatkan; (2) Faktor penghambat implementasi kebijakan tunjangan profesi guru adalah kecenderungan staf pengelola menunggu perintah dan kurang inisiatif.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jipsindo

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JIPSINDO, an academic journal that centered in social studies i.e social education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), moral education, and multicultural education. We are interested in scholarship that crosses disciplinary lines and speaks to readers from a range of ...