Jurnal Kependidikan Media
Vol 10, No 1 (2021): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA

IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI PADA SDN 284 SAPPA TENTANG GEJALA ALAM INDONESIA

Andi Sulhan (SDN 284 Sappa)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2021

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada tahun 2018  sebagai kegiatan pengembangan profesi guru.Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran STAD.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  meningkatkan hasil belajar dan sikap positif siswa kelas VI pada SDN 284 Sappa  dalam pembelajaran IPS pada materi gejala alam Indonesia..Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 284 Sappa  pada siswa kelas VI semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil nilai tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STADdapat meningkatkan pemahaman dan sikap positif siswa kelas VI  pada SDN 284 Sappa  dalam pembelajaran IPS, khususnya pada materi gejala alam Indonesia.

Copyrights © 2021