Jurnal Kependidikan Media
Vol 10, No 1 (2021): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA

IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA SMP NEGERI 1 SUPPA TENTANG PERSAMAAN KUADRAT

Ahmad Mantabi (SMP Negeri 1 Suppa)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2022

Abstract

 Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada tahun 2019 sebagai kegiatan pengembangan profesi guru.Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan metode problem posing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui kontribusi penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa dalam pembelajaran matematika, khususnya materi persamaan kuadrat.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suppa pada siswa Kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa dalam materi persamaan kuadrat. 

Copyrights © 2021