Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 22, No 1 (2022)

Menerapkan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Pada Materi Transformasi Dalam PTM Terbatas

Lina Herlina (SMPN 2 Jatinangor Kabupaten Sumedang)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Kurangnya aktivitas belajar siswa kelas IX-A di SMPN 2 Jatinangor dalam pembelajaran tatap muka terbatas menyebabkan hasil belajar siswa pada materi transformasi kurang maksimal. berdasarkan data awal diketahui bahwa dari seluruh siswa yang berjumlah 36 orang hanya 19 orang siswa atau 52% saja yang tuntas dalam belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah meningkatnya aktivitas belajar matematika siswa pada materi transformasi pada pembelajaran tatap muka terbatas dengan menerapkan model discovery learning. Penelitian ini dilakukan melalui tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus masing masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, Instrumen yang digunakan adalah instrumen observasi kegiatan siswa dan kegiatan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar setelah menerapkan model discovery learning meningkat, hal ini diindikasikan oleh terlampauinya indikator keberhasilan dalam penelitian ini. Data tersebut didukung dengan kegiatan siswa yang telah sesuai dengan sintak pembelajaran. Tindakan tersebut juga juga telah dapat meningkatkan kegiatan belajar siswa pada siklus I dengan rerata skor yang diperoleh mencapai 2.5 kemudian pada siklus II menjadi 3.3. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran matematika dengan materi transformasi telah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga hasil belajarnya menjadi lebih baik.

Copyrights © 2022