Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 22, No 1 (2022)

Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Melalui Metode Problem Based Learning

Aja Sudrajat (SMA Negeri Cimanggung Kabupaten Sumedang)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Abstrak. Kurangnya motivasi belajar siswa kelas XII IPS-3 di SMA Negeri Cimanggung Kabupaten Sumedang terhadap pelajaran PAI pada saat pembelajaran daring menyebabkan hasil belajarnya menjadi tidak maksimal. Motivasi belajar yang rendah, minimnya komitmen dan tanggung jawab serta partisipasi aktif siswa dalam merespon pembelajaran menjadi kendala dalam mencapai kesuksesan pembelajaran secara daring, Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan metode problem based learning yang diprediksi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas  yang dilakukan dalam dua siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, setiap siklusnya dilakukan dalam dua kali pertemuan secara daring. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen observasi motivasi belajar siswa, instrumen observasi guru, instrumen penilaian hasil belajar siswa.Pelaksanaan pembelajaran daring dilakukankan dengan menggunakan aplikasi zoom, google classroom dan whatsapp.Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh hasil bahwa motivasi dan aktivitas belajar siswa meningkat, dari hasil pengamatan observer pada siklus I diperoleh rata-rata pada seluruh aspek yang diamati mencapai skor 2.4 dengan kategori kurang, dan meningkat menjadi 3.4  pada siklus II dengan kategori cukup. Peningkatan motivasi dan aktivitas belajar siswa berdampak pula pada hasil belajar siswa yang pada siklus I mencapai rerata 64,25, meningkat menjadi 76,25 pada siklus II. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru PAI lainnya dalam menerapkan model pembelajaran Problem Based Learningdalam meningkatkan motivasi belajar. Kata kunci : Motivasi, Pembelajaran Daring, Problem Based Learning         Abstract. The lack of learning motivation of class XII IPS-3 students at SMA Negeri Cimanggung, Sumedang Regency towards PAI lessons during online learning causes learning outcomes to be not optimal. Low learning motivation, lack of commitment and responsibility as well as active participation of students in responding to learning are obstacles in achieving online learning success. To overcome this problem, researchers apply a problem based learning method which is predicted to increase students' learning motivation. The type of research used is classroom action research which is carried out in two cycles consisting of planning, implementation, observation and reflection, each cycle is carried out in two online meetings. The research instrument used was an observation instrument for student learning motivation, teacher observation instrument, and an instrument for assessing student learning outcomes. The implementation of online learning is carried out using the Zoom application, Google Classroom and WhatsApp. Based on the research data, the results showed that students' motivation and learning activities increased, from the observations of observers in the first cycle, the average in all aspects observed reached a score of 2.4 in the less category, and increased to 3.4 in the second cycle with sufficient category. Increased motivation and student learning activities also have an impact on student learning outcomes which in the first cycle reached an average of 64.25, increased to 76.25 in the second cycle. The results of this study are recommended to other PAI teachers in applying the Problem Based Learning learning model in an effort to increase  learning motivation. Keywords: Motivation, Online Learning, Problem Based Learning

Copyrights © 2022