Taqdir
Vol 8 No 1 (2022): TAQDIR

Pengaruh Motivasi, Aktivitas Belajar dan Pengaruh Teman Sebaya terhadap Prestasi Mata kuliah Shorof Mahasiswa Semester III Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Heriansah ramanali (Unknown)
Erlina Erlina (Unknown)
Muhammad Akmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, aktivitas belajar dan teman sebaya terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah shorof STIT Darul Fattah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah motivasi, aktivitas belajar dan teman sebaya berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa pembelajaran shorof. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi cross sectional dengan analisis regresi logistik berganda. Ada dua data, data primer yang diperoleh dari pengisian angket dengan sampel 57 orang yang merupakan mahasiswa semester 3, sedangkan data sekunder diperoleh dari nilai ujian akhir semester. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif variabel bebas ( motivasi, aktivitas belajar dan teman sebaya) pada variabel terikat masing-masing ditunjukkan dengan besarnya p-value: 0,002; 0,000 dan 0,000. Secara bersama-sama ketiga variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mata kuliah shorof dengan persentase prediksi keseluruhan model regresi (overall percentage) sebesar 80,7%. Kesimpulannya, motivasi, aktivitas belajar dan teman sebaya mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa pada pembelajaran shorof. Kata Kunci: motivasi, aktivitas belajar, teman sebaya, shorof

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Taqdir

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Articles published in Taqdir covers the result of qualitative and quantitative field research; conceptual; and literature review, including: Teaching Arabic as a Foreign Language Arabic Linguistic Arabic Literature History of Arabic Education Strategy of Arabic Teaching Media of Arabic Teaching ...