LIBRARIA
Vol 8, No 1 (2020): LIBRARIA

Inovasi Perpustakaan UMY dalam Meningkatkan Layanannya di Masa Pandemi

Eko Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Umi Fatimah (SMPN 2 Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2020

Abstract

Adanya covid-19 berdampak ke semua aspek kehidupan manusia, termasuk pada aspek Pendidikan di Perguruan Tinggi. Perpustakaan sebagai jantungnya Perguruan Tinggi harus mampu melakukukan inovasi sehingga dapat memberikan layanan secara prima kepada para pemustaka. Untuk itu dalam penelitian ini dibahas mengenai bagaimana inovasi yang dilakukan oleh Perpustakaan UMY di masa pandemic seperti saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sehingga instrumen penelitian dilakukan oleh peneliti sendiri. Hasil dari penelitian ini adalah di masa pademi seperti saat ini Perpustakaan UMY melakukan inovasi dibidang layanan berupa menciptakan layanan GoBooks, Menyediakan ruang khusus untuk munaqasah/pendadaran secara daring, Penyediaan koleksi elektronik berupa ebook, e-skripsi, tesis, disertasi, dan jurnal, menyediakan aplikasi zoom khusus yang bisa dimanfaatkan oleh  para pustakawan, dosen dan mahasiswa, layanan bebas pustaka secara daring, layanan perpanjangan masa pinjam buku secara mandiri, layanan cek turnitin secara daring, pemutihan denda selama COVID 19, pelatihan literasi informasi secara daring, mengadakaan library fest 2020 yang berupa rangkaian webinar dan menyediakan customer service selama 24 jam melalui whatsapp.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Libraria

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan (ISSN 2355-0341; E-ISSN 2477-5230) is a periodical scientific journal (every semester) in June and December published by STAIN Kudus Library. This journal is expected to be a scientific vehicle in the study and thinking about the library that can provide information and ...