Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 12, No 01 (2022): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER

Fransisca Ully Marshinta (Politeknik Negeri Sriwijaya)
Silvana Oktanisa (Politeknik Negeri Sriwijaya)
Ibnu Maja (Politeknik Negeri Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2022

Abstract

Tujuannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran daring berbasis pendidikan karakter jujur, disiplin, mandiri dan tanggung jawab pada mata pelajaran PPKn. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan metode snowball dan teknik proporsive sampling. Hasil yang didapat dalam penelitian ini menyatakan bahwa dalam pembelajaran daring sekolah atau guru tidak menyediakan lembar aktivitas belajar, tidak ada hukuman bagi peserta didik yang melanggar aturan pembelajaran daring, tidak melakukan kunjungan ke rumah peserta didik bermasalah dalam mengikuti pembelajaran daring selain itu tidak pernah memberikan hadiah bagi peserta didik yang berprestasi selama pembelajaran daring. Namun, upaya menerapkan pendidikan karakter sudah terlihat dari penilaian yang transparan, ketepatan waktu pengumpulan tugas serta bentuk-bentuk soal yang mendidik peserta didik tidak mencontek. Pembelajaran daring berbasis karakter berdaya manfaat apabila dalam pelaksanaannya mengikutsertakan lebih aktif orang tua atau wali dalam proses pembelajaran baik pada saat mulai sampai berakhirnya pembelajaran daring tersebut Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pendidikan Karakter, PPKn

Copyrights © 2022