E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 13, No 2 (2022): E-DIMAS

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru IPA Kabupaten Batang melalui Pelatihan Merge Cube Augmented Reality (AR)

Muhamad Taufiq (Universitas Negeri Semarang)
Murbangun Nuswowati (Universitas Negeri Semarang)
Arif Widiyatmoko (Universitas Negeri Semarang)
Rifa' Atunnisa (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Guru IPA di Kabupaten Batang masih banyak yang mengalami kendala dalam kenaikan pangkat. Penyebabnya adalah guru mengalami kesulitan memenuhi persyaratan dari sisi karya inovatif unsur PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan). Kegiatan PKB dapat dilakukan melalui pelatihan STEM Education Berbasis Merge Cube Augmented Reality (AR) bagi guru melalui kegiatan MGMP dengan model Action Learning berbasis fasilitasi. PKB ini bertujuan membantu guru IPA dalam meningkatkan hasil karya inovatif dan penerapannya dalam pembelajaran berupa media pembelajaran IPA berbasis Paper Merge Cube AR. Metode pemecahan masalah dilakukan melalui pelatihan dan pendampingan terprogram. Desain model pemecahan masalah yang dilakukan yaitu Action Learning berbasis fasilitasi. Kegiatan pelatihan dibangun dari hubungan antara refleksi dan aksi/ tindakan dilanjutkan dengan fase pendampingan. Refleksi dapat memberi tekanan untuk lebih mengefektifkan tindakan. Sebelum pelaksanaan pelatihan, dilakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan dinas terkait dan ketua MGMP IPA Kabupaten Batang. Pada akhir kegiatan peserta telah memiliki keterampilan yang memadai terkait implementasi STEM education berbasis merge cube AR.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...