Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Vol. 6 No. 3 (2022): Jurnal Panrita Abdi - Juli 2022

PENERAPAN TEKNOLOGI MESIN PRESS BATU BATA LEGO SEBAGAI INOVASI DAN PROMOSI USAHA BATU BATA GUNA MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA PAKISTAJI

Zulis Erwanto (Politeknik Negeri Banyuwangi)
Nuraini Lusi (Politeknik Negeri Banyuwangi)
Devit Suwardiyanto (Politeknik Negeri Banyuwangi)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2022

Abstract

In Pakistaji Village, Banyuwangi Regency, some people produce bricks conventionally and are not yet familiar with lego brick innovation and the constraints of its applicating and marketing. Therefore, it is necessary to make the right technology in the form of lego brick molding tools with two molds. The purpose of devotion is to apply lego brick press technology as innovation and promote brick businesses to improve the economy of the community in Pakistaji Village. Methods of carrying out activities through socialization, molding tool operational training, lego brick production, promotional media creation, and trademarks' legality. The results of partner socialization activities promoted BALOX products through websites with pages of https://balox.co.id/. The results of operational training of lego brick molding tools, partners were able to make high-quality products with a production capacity of 200 pieces/day and the target selling price of BALOX with quality 1 per piece with a size of 25x12x7 cm for Rp. 1,800 or Rp. 102,857 per m2 with a total of 57 bricks per m2. Through the legality of balox product trademark No. DID2021052903, balox production can be developed and marketed to the general public, construction world, and developers. --- Di Desa Pakistaji Kabupaten Banyuwangi terdapat masyarakat yang memproduksi bata secara konvensional dan belum mengenal inovasi batu bata lego sekaligus kendala penerapan dan pemasarannya. Oleh karena itu perlu membuat teknologi yang tepat berupa alat cetakan lego bata dengan kapasitas 2 cetakan. Tujuan pengabdian untuk menerapkan teknologi mesin press batu bata lego sebagai inovasi dan promosi usaha batu bata guna meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Pakistaji. Metode pelaksanaan kegiatan melalui sosialisasi, pelatihan alat cetak, produksi bata lego, pembuatan media promosi dan legalitas merek dagang. Hasil kegiatan sosialisasi mitra mampu mempromosikan produk Balox melalui website dengan laman https://balox.co.id/. Hasil pelatihan operasional alat cetak bata lego, mitra mampu membuat produk bermutu tinggi dengan kapasitas produksi sebesar 200 buah/hari dan target harga jual Balox Kw 1 per biji dengan ukuran 25x12x7 cm seharga Rp. 1.800 atau Rp. 102.857 per m2 dengan jumlah 57 bata per m2. Melalui legalitas merek dagang produk Balox No. DID2021052903, maka produksi Balox dapat dikembangkan dan dipasarkan ke khalayak umum, dunia konstruksi dan pengembang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

panritaabdi

Publisher

Subject

Other

Description

Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian pada Masyarakat diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin. Jurnal ini berisi hasil-hasil penghiliran penelitian pada bidang agrokompleks, medikal, teknosains, dan sosbudkum dan diterbitkan dua kali dalam ...