Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer
2022: Publication In-Press

Prediksi Siswa Putus Sekolah Swasta Menggunakan Algoritma Bayesian Network (Studi Pada : SMA Islam Al Wahid Kepung)

Rifky Yunus Krisnabayu (Faculty of Computer Science, Universitas Brawijaya, Jl. Veteran, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145)
Ahmad Afif Supianto (Badan Riset dan Inovasi Nasional Faculty of Computer Science, Universitas Brawijaya, Jl. Veteran, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145)
Satrio Agung Wicaksono (Faculty of Computer Science, Universitas Brawijaya, Jl. Veteran, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Masalah siswa putus sekolah di SMA Islam Al Wahidmembawa dampak kepada sekolah antara lain berkurangnya bantuan operasional yang diterima, berkurangnya jumlah rombongan belajar, dan hutang biaya siswa. Mempertimbangkan dampaknya bagi sekolah, penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem prediksi dini siswa putus sekolah. Penelitian menggunakan Bayesian Network (BN) dengan tujuan mengetahui faktor yang paling berpengaruh, di mana tugas tersebut tidak dapat diselesaikan menggunakan naive bayes. Jumlah data yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 77 siswa dengan 18 siswa berlabel putus sekolah. Hasil dari penelitian ini menghasilakn sebuah model dengan akurasi bernilai 0,935 dan nilai area under curve sebesar 0,948. Struktur BN memperlihatkan bahwa faktor nilai rerata, mengikuti ekstrakurikuler, dan penghasilan ayah merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap siswa putus sekolah. Struktur BN memperlihatkan bahwa faktor nilai rerata, mengikuti ekstrakurikuler, dan penghasilan ayah merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap siswa putus sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JTSISKOM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer (JTSiskom, e-ISSN: 2338-0403) adalah terbitan berkala online nasional yang diterbitkan oleh Departemen Teknik Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia. JTSiskom menyediakan media untuk mendiseminasikan hasil-hasil penelitian, pengembangan dan ...