Jurnal Pendidikan Nonformal
Vol 17, No 1 (2022): Maret 2022

Pengaruh Pola Asuh dan Kemandirian terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Kota Malang

Cristiana Normalita de Lima (Universitas Negeri Malang)
Supriyono Supriyono (Universitas Negeri Malang)
Sri Wahyuni (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2022

Abstract

Pola asuh orang tua menjadi tolak ukur dalam pembentukan karakter anak serta perkembangan anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui 1) pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak, 2) pengaruh kemandirian anak terhadap perkembangan sosial emosional anak, dan 3) pengaruh pola asuh dan kemandirian anak terhadap perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) nilai Sig variabel pola asuh (0.041) yang diperolah lebih kecil dari nilai alpha, yang mengindikasikan bahwa pola asuh mempunyai pengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak. 2) Hasil uji hipotesa menggunakan regresi linier berganda menunjukkan bahwa kemandirian tidak berpengaruh signifikan terhadap perkembangan sosial emosional anak. 3) Adanya pengaruh positif dan pengaruh signifikan secara bersamaan antara pola asuh dan kemandirian terhadap perkembangan sosial emosional anak. berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada orang tua agar bijak dalam memilih dan menerapkan pola asuh kepada anak usia dini sehingga membantu perkembangan sosial emosional anak secara optimal.

Copyrights © 2022