Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 5 (2022)

Self Regulated Learning: Integrasi Pembelajaran Kelas Awal melalui Aplikasi Mobile Seamless Learning

Kuncahyono Kuncahyono (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Malang)
Ika Zutiasari (Pendidikan Tata Niaga, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Kompetensi dan keterampilan abad 21 sejalan dengan integrasi teknologi digital dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kemandirian pembelajaran teknologi digital melalui penerapan mobile seamless learning selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif deskriptif. Subyek penelitian terdiri dari 46 siswa kelas 2 sekolah dasar yang melaksanakan pembelajaran online pada tahun ajaran ganjil-2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. disebarkan secara online pada platform formulir Microsoft. Fokus penelitian adalah pada empat aspek utama motivasi belajar (keinginan belajar), manajemen diri, belajar mandiri, dan kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengintegrasikan teknologi pembelajaran digital melalui aplikasi mobile seamless learning, siswa memiliki kemampuan motivasi yang sangat tinggi, keterampilan kemandirian belajarnya sangat baik, kemampuan pengelolaan dirinya cukup baik, dan kemampuan pemecahan masalah yang baik. Dari keempat aspek yang ditemukan terdapat aspek kemandirian belajar yang paling dominan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...