Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo
Vol 8, No 1 (2022)

Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Melalui Aplikasi E-Commerce (Studi Konsumen J&T Express Cabang Majene)

Rosmalasari - Erwin (Universitas Sulawesi Barat)
Erwin Erwin (Universitas Sulawesi Barat)
Haeruddin Hafid (Universitas Sulawesi Barat)
Nurwahyuni Syahrir (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

AbstractThis study aims to determine whether Reliability, Assurance, and Tangibles affect the decision to use J&T Express delivery services. This study uses a type of quantitative research, with the population in this study, namely consumers who use J&T Express delivery services. The sampling technique in this study is accidental sampling with 70 consumers as respondents. The data collection technique is using questionnaires and distributed to consumers, processed using SPSS version 23. The data analysis methods in this study are validity and reliability tests, classical assumption tests, multiple linear regression tests, hypothesis tests through and F tests. The results of this study: The reliability variable has a significant effect on the decision to use the J&T Express delivery service, the Assurance variable has no significant effect on the decision to use the J&T Express delivery service and the Tangibles variable has a significant effect on the decision to use the J&T Express delivery service.Keywords: Quality of Service (Reability, Assurance, Tangibles), Decision to Use Shipping Services.AbstrakPenelitian ini berujuan untuk mengetahui apakah Reliability, Assurance dan Tangibles berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa pengiriman J&T Express. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitaif, dengan populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen yang menggunakan jasa pengiriman J&T Express. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu accidental sampling dengan responden sebanyak 70 konsumen. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner dan dibagikan kepada kepada konsumen, diolah dengan menggunakan SPSS versi 23. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis melalui uji dan uji F. Hasil penelitian ini: variable Reability berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa pengiriman J&T Express, variable Assurance berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa pengiriman J&T Express dan variable Tangibles berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa pengiriman J&T Express.Kata Kunci: Kualitas Layanan (Reliability, Assurance, Tangibles), Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman

Copyrights © 2022