PRISMA
Vol 11, No 1 (2022): PRISMA Volume 11, No 1 Tahun 2022

Literasi Matematika Berdasarkan Self Efficacy dengan Model Flipped Classroom Menggunakan Asesmen Dinamis

Ibnu Atho'illah (Universitas Negeri Semarang)
Kartono Kartono (Universitas Negeri Semarang)
Masrukan Masrukan (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

Menghadapi pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19 guru harus bisa menyesuaikan pembelajaran seefektif mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi matematika siswa yang Berdasarkan self-efficacy dengan model pembelajaran flipped classroom berbantuan asesmen dinamis. Metode dalam penelitian ini menggunakan mix method dengan menggunakan design embedded concurrent. Subjek penelitian adalah enam siswa di salah satu SMP yang berada di Kutai Timur Kalimantan Timur. Validasi instrumen dinilai oleh dosen ahli literasi matematika dan asesmen dinamis, beserta guru. Instrumen penelitian berupa lembar validasi materi, beserta angket uji coba penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran literasi matematika siswa dengan model pembelajaran flipped classroom berbantuan asesmen dinamis lebih baik dari pada siswa dengan model pembelajaran problem based learning dengan pemanfaatan teknologi. Self efficacy sangat berpengaruh terhadap literasi matematika sangat signifikan begitu pula pengelompokan self efficacy tinggi, self efficacy sedang dan self efficacy rendah sangat berpengaruh terhadap literasi matematika siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...