Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk yakni Soal Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Ability) Matematis Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) Bernuansa Islami Kelas X yang teruji kevalidan. Pengembangan soal pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan Model Plomp, dengan tahapan: 1) Fase Investigasi Awal, 2) Fase Desain, 3) Fase Realisasi/Konstruksi, 4) Fase Tes, Evaluasi, Revisi dan 5) Fase Implementasi. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah lembar validasi produk soal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data validasi dari 2 orang dosen Pendidikan Matematika FKIP UIR dan 2 orang guru matematika masing-masing berasal dari MAN 01 Indragiri Hilir dan SMA Negeri 1 Tembilahan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data validasi . Produk ini hanya sebatas mengukur validitas dan belum sampai tahap uji coba atau penyebaran dikarenakan pandemic covid-19, maka peneliti tidak bisa melakukan proses uji coba produk. Dari hasil penelitian diperoleh hasil validasi produk soal sebesar 0,88 dengan kategori sangat valid. Dari hasil penelitian diperoleh sebuah produk yaitu Soal Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Ability) Matematis Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) Bernuansa Islami Kelas X yang teruji kevalidannya.
Copyrights © 2022