Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 5, No 2 (2022)

Uji Validitas dan Uji Praktikalitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Problem Based Learning pada Materi Segiempat

Nikmatul Husna Desra (UIN Suska Riau)
Irma Fitri (UIN Suska Riau)
Ade Irma (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan lembar kerja siswa matematika berbasis pendekatan problem based learning pada materi segiempat yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kapur IX, ahli teknologi pendidikan dan, ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika. Objek dalam penelitian ini adalah lembar kerja siswa berbasis pendekatan problem based learning pada materi segiempat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan observasi non sistematis. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan uji validitas, lembar kerja siswa berbasis pendekatan problem based learning dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 88,52%. Hasil uji coba praktikalitas kelompok kecil dengan responden berjumlah 6 orang siswa diperoleh bahwa lembar kerja siswa berbasis pendekatan problem based learning sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 87,92%. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan valid dan praktis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...