Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 5, No 2 (2022)

Efektifitas Pembelajaran Noticing Metakognitif terhadap Keyakinan Diri Praktik Pembelajaran Micro Teaching pada Mahasiswa Calon Guru Matematika di UIN Suska Riau

Zubaidah Amir ((Scopus Id. 57202602934) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Dedek Andrian (Universitas Islam Riau)
Anggita Maharani (Universitas Swadaya Gunung Djati)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini  adalah untuk menganalisis ada tidaknya perbedaan keyakinan diri calon guru pendidikan matematika ketika praktik microteaching antara mahasiswa yang diberikan pembelajaran noticing metakognitif dengan pembelajaran micro teaching biasa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain nonequivalent eksperimental dan teknik purposive sampling. Penelitian ini melibatkan dua kelompok mahasiswa pendidikan matematika yang mengambil mata kuliah micro teaching yaitu: mahasiswa semester 6A dan 6B, 6A adalah kelas eksperimen yang mengikuti pembelajaran noticing metakognitif sedangkan kelas 6B merupakan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran micro teaching biasa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket dengan instrumen angket keyakinan diri yang diberikan diakhir treatment. Data dianalisis dengan deskriptif  menggunakan uji-t dengan berbantuan spss versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari hasil uji-t,  terlihat perbedaan keyakinan diri praktik micro teaching diantara kedua kelompok. Mahasiswa yang mengikuti pembelajaran noticing metakognitif lebih memiliki keyakinan diri ketika praktik micro teaching dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak menggunakan pembelajaran noticing metakognitif. Pembelajaran noticing metakognitif dapat memupuk kesadaran diri mahasiswa untuk siap praktik micro teachingnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...