Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP)
Vol 5 No 2 (2022): Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran)

Penerapan Model Pembelajaran Scramble terhadap Keterampilan Menulis Teks Editorial

Poni Ernis (STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh)
Neneng Wahyuni (STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model scramble terhadap keterampilan menulis teks editorial siswa SMA N I Situjuah Limo Nagari. Metode yang digunakan bersifat kuantitatif berupa penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara hasil keterampilan menulis teks editorial antara model scramble dengan metode konvensional (thitung= 3,9269 > ttabel=2,000). Simpulan, Pembelajaran kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran scamblelebih baik dibanding hasil pembelajaran siswa kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model konvensional. Kata Kunci: Menulis Teks Editorial, Pembelajaran Scramble

Copyrights © 2022