Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 4 (2022)

PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 066050 MEDAN DENAI

Rosa Maria S (Universitas Katolik Santo Thomas, Medan)
Reflina Sinaga (Universitas Katolik Santo Thomas, Medan)
Darinda Sofia Tanjung (Universitas Katolik Santo Thomas, Medan)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Artikel ini berfokus pada sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tingkat disiplin belajar siswa. Jenis penelitian tersebut adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian melibatkan siswa kelas IV SD Negeri 066050 Medan Denai. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya pengaruh disiplin dengan hasil belajarnya dikelas IV SD Negeri 066050 Medan Denai. Instrument penelitian digunakan untuk mengukur disiplin belajar adalah angket yang terdiri dari 40 butir. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar digunakan nilai matematika. Setelah dilakukan pengukuran terhadap disiplin belajar, didapat nilai mean (rata-rata) skor hasil angket sebesar 120,3. Hal ini berarti disiplin belajar di SD Negeri 066050 Medan Denai berada pada tingkat tinggi. Untuk mengetahui tingkat pengaruh antara disiplin belajar dengan hasil belajar, digunakan rumus korelasi dari pearson. Dari hasil perhitungan diperoleh rhitung sebanyak 0,609, yang berarti nilai korelasi kuat atau berkorelasi. Uji signifikasi dilakukan untuk menguji hipotesis, yaitu dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel. Diperoleh nilai thitung sebanyak 4,062 sedangkan ttabel sebanyak 2,042. Karena thitung ≥ ttabel (4,062 ≥ 2,042) maka Ha diterima da Ho ditolak. Melalui uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajarnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...