Abdimas Dewantara
Vol 5 No 1 (2022)

Pengembangan Strategi Pembelajaran Kurikulum 2013 Berbasis Lesson Study dalam Peningkatan Kemampuan Profesionalisme Guru di SD Negeri WirosabanYogyakarta

Rosidah Aliim Hidayat (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Zainnur Wijayanto (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Proses pembelajaran dalam Kurikulum 2013 dilaksanakan dengan berbasis aktivitasdan menggunakan pendekatan ilmiah serta tematik integrative. Implementaiskurikulum 2013 membawa banyak tantangan yang harus dihadapi oleh gurukhususnya. Pengabdian ini dilakukan untuk membantu meningkatkan kemampuanprofesionalisme guru di SD N Wirosaban dalam pembelajaran kurikulum 2013dengan metode pelaksanaan berupa sosialisasi, workshop, dan lesson study.Hasilnya dari pengabdian ini yakni: (1)Kegiatan pelatihan strategi pembelajarankurikulum 2013 berbasis lesson study di SD N Wirosaban Yogyakarta inimenghasilkan perangkat pembelajaran yang fit dalam proses pembelajaran, (2)Pendampingan pelaksanaan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis lessonstudy sangat sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dalam variasi strategipembelajaran bagi guru. (3) Simulasi pelaksanaan pembelajaran berbasis lessonstudy dapat menjadikan guru untuk lebih bersifat terbuka dalam menerima masukanserta mampu untuk selalu berkolaborasi dalam mendapatkan pembelajaran yangterbaik.    

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdimasdewantara

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Abdimas Dewantara menerbitkan memuat tulisan-tulisan hilirisasi penelitian pada organisasi masyarakat, industri, serta instansi-instansi terkait dalam rangka peningkatanpartisipasi masyarakat dalam pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan atau pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Artikel ...