Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol 16, No 5: Al Qalam (September 2022)

Implementasi Manajemen Peserta Didik pada Madrasah Tsanawiyah Persis 37

Annisa Rizqi Utami (DTA Baitul Qirooah)
Andri Yanto (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2022

Abstract

AbstrakRuang lingkup manajemen peserta didik sebagai proses input yang menarik dan tepat, maka pada perkembangan sosial di lingkungan madrasah dan di lingkungan sosial budaya masyarakat sebagai output pun akan menarik. Melihat fenomena tersebut sebagai realitas dapat dianggap cukup mumpuni jika disandarkan pada konteks berdaya tarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep landasan dan implementasi manajemen peserta didik di Madrasah Tsanawiyah  Persis 37 Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 6 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep landasan implementasi manajemen peserta didik selain berdasarkan berbagai produk hukum perundang-udangan dan instrument hukum lainnya terkait pendidikan di Indonesia juga Pedoman Penyelenggaraan Dasar dan Menengah Persatuan Islam Bab 1 Pasal 1 Tahun 2006 dan Pedoman Sistem Pendidikan Persatuan Islam Tahun 1996. Implementasi Manajemen Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Persis 37 Kabupaten Sumedang memiliki menejemen yang baik. Selain itu hubungan antara alumni dengan madrasah dapat terpelihara dengan pelibatan alumni dalam berbagai kegiatan madrasah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...