Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol 16, No 4: Al Qalam (Juli 2022)

Kebijakan Kepala Madrasah Aliyah Dalam Pendidikan Islam Di Darul Huda Oku

Warman Warman (IAIN Curup)
Jumira Warlizasusi (Unknown)
Sumarto Sumarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

Adapun tujuan Penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana konsep kebijakan kepala madrasah dalam sebuah lembaga pendidikan, khususnya lembaga pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode library research dengan teknik pengumpulan data menggunakan sumber teks tertulis dari buku dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah, memiliki  peran  sangat urgen untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan. Pemimpin pendidikan sebagai top leader dalam sebuah institusi pendidikan yang dituntut dapat merumuskan dan mengkomunikasikan visi dan misi yang jelas dalam memajukan pendidikan. Peran pemimpin pendidikan menjadi sangat komplek, pemimpin pendidikan menjadi motor penggerak terjadinya proses perubahan dalam institusi pendidikan dengan memberikan kepercayaan dan wewenang kepada seluruh personel institusi pendidikanDalam tulisan ini berhasil ditemukan ,, mendasar yang membedakan antara kepemimpinan secara umum, dengan kepemimpinan dalam pendidikan Islam. Bahwa kepemimpinan umum hanya menitikberatkan pada pertangung jawaban seorang pemimpin terhadap anggota organisasi. Namun lain halnya dalam pendidikan slam, yang memahami bahwa kepemimpinan merupakan tugas kekhalifaan yang menekankan pertangung jawaban tidak hanya kepada anggota yang dipimpinnya, tetapi juga kepada Allah swt sebagai sumber pemberi wewenang kekuasan. Artikel in berkontribusi terhadap kajian tentang peran kepemimpinan serta model kepemimpinan yang baik terhadap kualitas pendidikan dan pembangunan sumber daya manusia yang baik di Indonesia

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...