Penelitian ini dilaksanakan karena dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MIN 1 Kab. Labuhan Batu Utara pada mata pelajaran matematika, terkhususnya pada pembelajaran soal cerita matematika materi pecahan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi kesalahan siswa dan faktor penyebab kesalahan siswa dan bagaimana cara menanganinya dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan. Prosedur yang digunakan dalam analisis kesalahan siswa yaitu prosedur Newman. Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan siswa mengerjakan soal yang diberikan, wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif sehingga untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan teknik deskriptif kualitatif atau teknik non statistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan kesalahan pada masing-masing butir soal dengan berbagai macam kesalahan yaitu, kesalahan membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan perhitungan dan kesalahan penulisan jawaban. Terdapat juga 3 faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu, kesulitan memahami masalah, tidak memahami konsep dan operasi pecahan, dan karena lupa dan tidak teliti. Adapun upaya untuk meminimalisir kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yaitu, memperbanyak latihan dalam mengerjakan soal, memberikan soal cerita dengan bahasa yang lebih sederhana, dan juga dalam memberikan pembelajaran dengan penjelasan menggunakan alat peraga.Kata Kunci : Kesalahan Siswa, Soal Cerita, Prosedur Newman
Copyrights © 2022