Jurnal Sains dan Teknologi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknologi Industri
Vol 22, No 1 (2022): JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI

PENGUKURAN BEBAN KERJA FISIK DAN MENTAL MENGGUNAKAN METODE CVL (CARDIOVASCULAR LOAD) DAN NASA-TLX (NATIONAL AERONAUTICS AND SPACE ADMINISTRATION-TASK LOAD INDEX)

Riko Ervil (Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang)
Ahmad Fadli (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur beban kerja fisik dan mental yang diterima pekerja di PT. Sumatera Sarana Sekar Sakti pada bagian mekanik armada truk mobil transportir CPO, Crudepalm oil, dengan mempertimbangkan faktor seperti umur, beban kerja yang dialami, subjek penelitian ini adalah seluruh pekerja di stasiun tersebut yang berjumlah 8 orang. Metode analisis yang digunakan untuk mengukur beban kerja fisik pekerja adalah Cardiovascular load (CVL). Sedangkan untuk mengukur beban kerja mental pekerja adalah National Aeronautics and space Administration Task Load Index (NASA-TLX). Hasil penelitian menunjukan bahwa beban kerja fisik yang paling besar dirasakan oleh tenaga mekanik 7 dengan nilai persentase CVL adalah 51,943%. Sedangkan dari hasil pengukuran beban kerja mental menunjukan bahwa seluruh pekerja termasuk ke dalam kategori tinggi, dengan skor NASA-TLX yang terbesar adalah 74.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Sain

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Sains dan Teknologi STTIND Padang ini diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Redaksi menerima tulisan ilmiah tentang hasil penelitian, survei, dan telaah pustaka yang erat hubungannya dengan sains dan teknologi industri. Ruang lingkup artiket : Teknik Industri, ...