Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi

Hubungan Keaktifan Bertanya Siswa dengan Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri 1 Air Salek

Sindy Angraini (Universitas PGRI Palembang)
Depi Pramika (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui korelasi keaktifan bertanya siswa dengan hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Air Salek. Metode penelitian yaitu deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sampelnya berjumlah 64 siswa. Data dianalisis menggunakan korelasi pearson product moment dengan koefisien diterminasi sebagai tolak ukur untuk melihat seberapa besar kemampuan atau kontribusi semua variabel bebas dalam menjelaskan varians variabel berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan keaktifan bertanya siswa di dalam kegiatan belajar mengajar memperoleh rata-rata 73,77 dengan kriteria “Aktif” sedangkan hasil belajar dengan kriteria “Sangat Baik” pada skor rata-rata 84. Jika dilihat dari hasil pengujian hipotesis dengan korelasi pearson product moment didapat hubungan yang signifikan antara keaktifan bertanya siswa dengan hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Air Salek

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative ...