Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui korelasi keaktifan bertanya siswa dengan hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Air Salek. Metode penelitian yaitu deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sampelnya berjumlah 64 siswa. Data dianalisis menggunakan korelasi pearson product moment dengan koefisien diterminasi sebagai tolak ukur untuk melihat seberapa besar kemampuan atau kontribusi semua variabel bebas dalam menjelaskan varians variabel berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan keaktifan bertanya siswa di dalam kegiatan belajar mengajar memperoleh rata-rata 73,77 dengan kriteria “Aktif” sedangkan hasil belajar dengan kriteria “Sangat Baik” pada skor rata-rata 84. Jika dilihat dari hasil pengujian hipotesis dengan korelasi pearson product moment didapat hubungan yang signifikan antara keaktifan bertanya siswa dengan hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 1 Air Salek
Copyrights © 2022