cover
Contact Name
Depi Pramika
Contact Email
jurnalneraca.pakunpgriplg@gmail.com
Phone
+6281373939083
Journal Mail Official
jurnalneraca.pakunpgriplg@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang Gedung E Lantai 1 Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30116
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
ISSN : 25802690     EISSN : 26153025     DOI : 10.31851
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative research field; conceptual; and a literature review. Focus and scope of the journal:
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 180 Documents
ANALISIS LITERASI KEUANGAN DI MASYARAKAT KOTA BANDUNG Yuningsih, Irma; Dewi, Andrieta Shintia; Gustyana, Tieka Trikartika
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 1 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1327.223 KB)

Abstract

AbstrakSemakin tingginya pendapatan tidak membuat masyarakat Indonesia khususnya Kota Bandung menjadi suka menabung. Hal tersebut dapat terlihat dari Peningkatan Produk Domestik Regional Bruto yang tidak sebanding dengan dana simpanan yang ada. Hal ini terjadi karena masyarakat Indonesia memiliki literasi keuangan yang rendah. Literasi keuangan adalah elemen esensiil yang memungkinkan seseorang mencapai kesuksesan dalam keuangan. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah model pengukuran literasi keuangan, menguji invarian mengajukan tiga skala pengukuran: Financial attitude, financial behavior dan financial knowledge. Dalam hal ini, survei dilakukan dengan 385 individu pada masyarakat Kota Bandung. Untuk analisis dari data yang terkumpul menggunakan Structural Equations Modelling (SEM). Model yang valid menunjukan bahwa literasi keuangan diukur sebagai kombinasi dari financial attitude, financial behavior dan financial knowledge dan juga menunjukan variable financial behavior yang paling berpengaruh pada literasi keuangan Kota Bandung.Kata Kunci : Financial Literacy, Financial attitude, Financial Behavior, Financial Knowledge, Structural equations modelling
PENGARUH KOMUNIKASI DAN GAJI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. FINANSIA MULTI FINANCE PALEMBANG Pramika, Depi; Sari, Nurmala
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 1 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1030.894 KB)

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi dan gaji terhadap kinerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif asosiatif. Pengambilan sampel dilakukan sampel Random. Teknik pengumpulan data (a) Dokumentasi, (b) Angket, (c) Wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata skor komunikasi 85,18% kategori sangat tinggi sebesar 86% sangat komunikatif, sedangkan 14% karyawan termasuk dalam kategori komunikatif. Hasil rata-rata gaji terdapat 37% karyawan yang menerima gaji di bawah UMR, 63% karyawan menerima gaji di atas UMR. Dan hasil rata-rata skor kinerja karyawan seluruh adalah 82,86% termasuk kategori sangat tinggi, karyawan yang memiliki kinerja yang sangat tinggi sebesar 80%, sedangkan 20% karyawan hanya termasuk dalam kategori tinggi. Pengujian Simultan diperoleh Fhitung 13,541 > Ftabel 3,30 dengan pengaruh 45,8%. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi terhadap kinerja karyawan dibuktikan nilai thitung 5,078 > ttabel 2,037 2) Terdapat pengaruh yang signifikan gaji terhadap kinerja karyawan dibuktikan nilai thitung 2,889 > ttabel 2,037.Kata Kunci: Komunikasi, Gaji, Kinerja Karyawan
PERBEDAAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DALAM PENERAPAN KONSEP PSIKOLOGI KAPITAL INTELEKTUAL DENGAN KAPITAL SOSIAL DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Lestari, Neta Dian
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 1 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1210.551 KB)

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar akuntansi siswa dalam penerapan konsep psikologi kapital intelektual dengan kapital sosial, dan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar akuntansi siswa dalam penerapan konsep psikologi kapital intelektual dan kapital sosial di SMK Muhammadiyah 2 Palembang tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.Ak 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X.Ak 3 sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana dengan pengujian hipotesis menggunakan uji”t” dengan taraf kepercayaan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam penerapan konsep psikologi Kapital Intelektual di kelas eksperimen I dengan rata-rata 77,65 persen lebih aktif dari pada kelas eksperimen II yang diterapkan konsep psikologi Kapital Sosial dengan rata-rata keaktifan 67,54 persen, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 89,98 lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen II sebesar 71,08. Persamaaan regresi Ý = 71,083+18,895 dari pengujian uji “t” menghasilkan thitung = 6,949 > ttabel sebesar 1,661, maka tolak Ho terima Ha, berarti ada Perbedaan Hasil Belajar Akuntansi Siswa dalam penerapan konsep psikologi Kapital Intelektual Dengan Kapital Sosial di SMK Muhammadiyah 2 Palembang Tahun Pelajaran 2014/2015. Maka diharapkan bagi guru agar dapat menerapkan Kapital Intelektual dan Kapital Sosial sebagai salah satu konsep psikologi belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Kapital Intelektual dan Kapital Sosial. Hasil Belajar
KINERJA KEUANGAN KOPERASI PELAJAR SMK NEGERI 3 PALEMBANG DILIHAT DARI RASIO SOLVABILITAS Rachmawati, Diana Widhi
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 1 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1095.342 KB)

Abstract

AbstrakKoperasi Sekolah adalah koperasi yang didirikan di lingkungan sekolah yang anggota-anggotanya terdiri dari siswa sekolah. Koperasi sekolah dapat didirikan pada berbagai tingkatan sesuai jenjang pendidikan, misalnya koperasi sekolah dasar, koperasi sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas atau kejuruan dan seterusnya. Analisis Laporan Keuangan (Financial Statement Analysis) adalah aplikasi dari alat dan teknik analisis untuk laporan keuangan bertujuan umum dan data- data yang berkaitan untuk menghasilkan estimasi dan kesimpulan yang bermanfaat dalam analisis bisnis. Analisis Laporan Keuangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis ratio yaitu Ratio Solvabilitas. Tujuan umumnya adalah untuk memberikan informasi perkembangan kinerja keuangan perusahaan asuransi di indonesia tahun 2014dilihat dari ratio profitabilitasnya. Tujuan khusus sebagai salah satu pembahasan dalam mata kuliah Analisis Laporan Keuangan. Sampel dari penelitian ini adalah : koperasi pelajar SMK Negeri 3 Palembang. Hasil Akhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah dapat dikatakan bahwa koperasi sekolah pada SMK Negeri 3 Palembang, tidak solvabel, karena pihak koperasi belum melakukan pinjaman kepada pihak luar.Kata Kunci: Kinerja keuangan, koperasi pelajar, rasio solvabilitas
PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PERUSAHAAN LQ 45) Oktala, Rosananda
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 1 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (678.805 KB)

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitan ini adalah untuk menguji pengaruh GCG terhadap kinerja perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier sederhana yang dibantu dengan software E-views ver. 6. Nilai GCG pada penelitian ini dapat diproksi dengan ROE sebagai indicator dari Corporate Performance sedangkan kinerja keuangan akan dihitung dengan menggunakan Tobins Q. Hasil dari pengujian hipotesis pada penilitian ini menunjukkan bahwa nilai p-value sebesar 0.6746> 0,05, hal ini berarti bahwa GCG tidak mempengaruhi kinerja perusahaan LQ 45.Kata Kunci: Corporate governance, ROE,Tobins Q, Kinerjakeuangan.
ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN TERHADAP TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) Yulaini, Erma
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 1 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (806.732 KB)

Abstract

AbstrakUntuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi tenaga kependidikan harus memiliki kompetensi dasar yang mencakup: a. Kompentesi profesional (meteri bidang studi), b. Kompentensi pedagogik (pemahaman karakteristik peserta didik dan melakukan pembelajaran yang mendidik), c. Kompentensi sosial (keterampilan berhungan dengan orang lain), dan d. Kompentensi kepribadian (akhlaqul karimah dan berjiwa guru) . Dalam kaitannya dengan kebijakan pendidikan dan tenaga kependidikan, Tujuan inovasi pendidikan adalah meningkatkan efisiensi, relevansi, kualitas dan efektifitas : sarana serta jumlah peserta didik sebanyak-banyaknya dengan hasil pendidikan sebesar-besarnya (menurut kriteria kebutuhan peserta didik, masyarakat dan pembangunan) dengan menggunakan sumber, tenaga, uang, alat dan waktu dalam jumlah yang sekecil-kecinya. Globalisasi dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dianggap sebagai tantangan dalam pendidikan. Oleh karena akan membawa pengaruh bagi arah kebijakan pendidikan di Indonesia. Pendidikan di Indonesia dan tenaga kependidikannya maka dituntut untuk menyesuaikan segala kebijakan pendididkan agar dapat menjaga keutuhan dan kesinambungan pembangunan nasional tanpa kehilangan jati diri.Kata Kunci : Kebijakan Pendidikan, Tenaga Kependidikan, MEA
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI HARGA SAHAM PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESA Suyanto, Suyanto; Nursanti, Ati
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 1 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (993.845 KB)

Abstract

AbstractBefore performing stock investment, individual or company must ensure that the investment is appropriate. This can be done by applying a variety of alternative ways of assessing whether the selected stock is really a stock that will provide benefits in the future. One alternative is a fundamental analysis of investment appraisal or performance of the company. Return On Asset, Debt to Total Asset and Net Profit Margin is a ratio that shows the company’s ability to generate profit and the ratio that measures total corporate debt financed by the assets of the company, which is one way to find out the performance of the company.This research is purposed to determine the influence of Return On Asset, Debt to Total Asset and Net Profit Margin towards Stock Prices. The population in this reaserch are Go Public companies, Food and Beverage Sector, which listed in Indonesian Stock Exchange during 2010-2015 period. Sample selection technique in this research is purposive sampling. Nine companie have been acquired that meet the research sample criteria. This research use secondary data who analyzed with descriptive method and multiple linier regression who tested with experiment classic assumption. The result of research point out indeed Return On Asset, Debt to Total Asset, and Net Profit Margin according to simultaneous influential significant toward dependence variabel is stock prices. According to partial Return On Asset and Debt to Total Asset in not influential significant toward stock prices to Food and Beverage business who listed in Indonesian Stock Exchange period 2010-2015. Meanwhile Net Profit Margin have influence significant toward stock prices to Food and Beverage business who listed in Indonesian Stock Exchange period 2010-2015.Keyword : Return On Asset, Debt to Total Asset, Net Profit Margin, Stock Prices
PENGARUH PENERAPAN METODE KOMBINASI CERAMAH, DEMONSTRASI DAN LATIHAN (CDL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SISWA DI SMK NEGERI 1 PALEMBANG TAHUN AJARAN 2015/2016 Febriansyah, Febriansyah
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 1 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.203 KB)

Abstract

AbstrakMasalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan penerapan metode kombinasi Ceramah, Demonstrasi dan Latihan terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa di SMK Negeri 1 Palembang. Jumlah sampel sebanyak 156 siswa yang terdiri dari kelas XI AK 6 dan XI AK 7 (kelompok eksperimen), serta kelas XI AK 2 dan XI AK 3 (kelompok kontrol). Metode penelitian yang digunakan, yaitu deskriftif kuantitatif korelasional dengan pendekatan eksperimen. Dari pengujian hipotesis rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 91,47 berada pada ”Kriteria Baik” sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelompok kontrol sebesar 85,17 berada pada “Kriteria Baik”. Besar pengaruh penerapan tersebut sebesar 23% dengan koefisien korelasi sebesar 0,49 berada pada “Kriteria Sedang”. Melalui persamaan regresi linier dummy variabel diketahui Ŷ = 85,175 + 5,45X. Selain itu pada uji U Mann Whitney sampel besar diperoleh harga Zhitung = 5,90 dan Ztabel alpha 0,05/2 = 1,96. Kriteria pengujian hipotesis bila Zhitung> Ztabel alpha 0,05/2 terima Ha, dan bila Zhitung ≤ Ztabel alpha 0,05/2, maka tolak Ha. Dari hasil pengujian tersebut, Zhitung = 5,90 dan Ztabel alpha 0,05/2 = 1,96, maka dengan demikian hipotesis berbunyi terdapat pengaruh penerapan metode kombinasi Ceramah, Demonstrasi dan Latihan (CDL) terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi siswa di SMK Negeri 1 Palembang tahun ajaran 2015/2016 terbukti kebenarannya atau Ha diterima bila Zhitung> Ztabel, maka tolak Ho.Kata Kunci: Kombinasi Ceramah, Demonstrasi dan Latihan (CDL), dan Komputer Akuntansi.
ANALISIS RASIO LAPORAN KEUANGAN KOPERASI PELAJAR DI SMK NEGERI 1 PALEMBANG Hodsay, Zahruddin; Nurjanah, Fitria
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 1 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1177.273 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini berjudul Analisis Rasio Laporan Keuangan Koperasi Pelajar di SMK Negeri 1 Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan yang diukur dengan rasio laporan keuangan koperasi pelajar SMK Negeri 1 Palembang. Objek dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahun 2015 dan 2016. Rasio yang diteliti adalah rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas/rasio rentabilitas, rasio aktivitas, rasio pertumbuhan dan rasio produktivitas Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan rumus rasio-rasio tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata rasio likuiditas pada tahun 2015 sebesar 34,04 dan pada tahun 2016 sebesar 40,2. Rata-rata rasio solvabilitas pada tahun 2015 sebesar 0,010 dan pada tahun 2016 sebesar 0,0085. Sedangkan rata-rata rasio profitabilitas/rentabilitas pada tahun 2015 sebesar 0,4825 dan pada tahun 2016 sebesar 0,475. Kemudian rata-rata rasio aktivitas pada tahun 2015 sebesar 137,79 dan pada tahun 2016 sebesar 136,67. Rata-rata rasio pertumbuhan pada tahun 2015 sebesar 0,0955 dan pada tahun 2016 sebesar 0,135. Terakhir rata-rata rasio produktivitas pada tahun 2015 sebesar 11.369.556,67 dan pada tahun 2016 sebesar 16.482.727,67.Kata Kunci : Analisis, Rasio, Laporan Keuangan, Koperasi Pelajar
PENGARUH KOMPETENSI DAN DISIPLIN TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA PRESTASI KERJA KARYAWAN PT. SMARTFREN TELECOM PALEMBANG Yulanda, Delvina
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi Vol 1, No 1 (2017): JURNAL NERACA
Publisher : program study of accounting education FKIP University of PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1137.84 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh kompetensi dan disiplin kerja terhadap kepuasan kerja serta implikasinya pada prestasi kerja karyawan PT. Smartfren Telecom Palembang. Sampel penelitian sebanyak 140 orang yang dilakukan dengan metode sensus. Analisis data dilakukan dengan Structural Equation Model (SEM) menggunakan perangkat lunak Amos. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif secara parsial dan simultan dari variabel kompetensi dan disiplin kerja terhadap kepuasan kerja serta implikasinya pada prestasi kerja karyawan PT. Smartfren Telecom Palembang. Variabel kompetensi kerja memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan kerja serta impikasinya pada prestasi kerja karyawan. Implikasi manajerial yang dapat disarankan adalah peningkatan prestasi kerja karyawan dapat dicapai dengan meningkatan kompetensi, disiplin kerja dan kepuasan kerja karyawan. Peningkatan kompetensi dilakukan dengan pemberian pelatihan interpersonal skill dan menerapkan budaya disiplin di tempat kerja, peningkatan disiplin kerja dengan promosi jabatan dan peningkatan kepuasan kerja dengan memberikan leadership training untuk pimpinan.Kata Kunci: Kompetensi, Disiplin kerja, Kepuasan Kerja, dan Prestasi kerja

Page 1 of 18 | Total Record : 180