Alignment: Journal of Administration and Educational Management
Vol 5 No 1 (2022): Alignment:Journal of Administration and Educational Management

Kebijakan Kartu Indonesia Pintar untuk Memerdekakan Mahasiswa Kurang Mampu

Ahmad Amin (Universitas PGRI Silampari)
Rambat Nur Sasongko (Universitas Bengkulu)
Armi Yuneti (Universitas PGRI Silampari)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan KIP kuliah, dan untuk mengetahui kendalanya selama program tersebut berjalan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptit kuantitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan angket dan studi literatur. Program kartu Indonesia pintar (KIP) kuliah adalah program pemerintah yang memberikan bantuan dana pendidikan yang ditujukan bagi para mahasiswa yang berlatar belakang ekonomi kurang mampu. Sampel peneltian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan fisika angkatan 2020/2021 UNPARI, Lubuklinggau yang berjumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KIP kuliah sebagai sebuah kebijakan sosial telah memenuhi nilai kesamaan kesempatan dalam pendidikan sebagai salah satu instrumen penting kebijakan sosial, mahasiswa dari keluarga tidak mampu sangat terbantu, prestasi mahasiswa juga meningkat, tetapi disisi lain program KIP kuliah yang menerima bantuan belum sepenuhnya optimal untuk pemenuhan biaya kuliah, besaran dana KIP kuliah belum optimal, keterlambatan pencairan. Simpulan, kebijakan KIP kuliah telah dapat memerdekakan mahasiswa kurang mampu. Kata Kunci: Kebijakan, Kartu Indonesia Pintar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ALIGNMENT

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Aligment memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang ilmu Manajemen dan Administrasi ...