Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis
Vol 27, No 1 (2022): June

Inovasi Produk dan Jejaring pada Usaha Kecil: Studi Kasus Kerajinan Perak Koto Gadang

Donard Games (Universitas Andalas)
Rahma Putri Ramadhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan kenyataan bahwa banyak produk-produk potensial usaha kecil yang tidak berkembang meskipun sudah lama eksis. Mereka sudah menjadi legenda bagi daerah asal mereka, tetapi banyak dari mereka tidak mampu melakukan transformasi di konteks masa kini. Salah satu yang mengalami hal tersebut adalah industri kerajinan perak Koto Gadang di Sumatera Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efek dua konstruk terkait inovasi yang dapat meningkatkan kinerja usaha kecil, dalam hal ini usaha kecil kerajinan Perak Koto Gadang, yaitu inovasi produk dan jejaring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode studi kasus digunakan untuk menangkap esensi dari inovasi produk dan jaringan di usaha kecil ini. Dalam penelitian ini terdapat enam produsen kerajinan perak yang dianalisis. Penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis data dari tujuh orang yang merupakan pemilik dan manajer usaha mikro kecil dengan produk utama kerajinan perak di Koto Gadang. Ditemukan bahwa inovasi produk terutama diferensiasi dan penyesuaian target market dianggap penting dalam meningkatkan kinerja bisnis, sementara jaringan termasuk jaringan Minangkabau belum dimanfaatkan oleh beberapa partisipan. Hal ini dapat diartikan bahwa partisipan perlu menggunakan jaringan untuk mendukung implementasi inovasi mereka.Kata kunci: inovasi produk; jejaring; Koto Gadang; pendekatan kualitatif; usaha kecil

Copyrights © 2022